MENGGAPAI SENJA DI BUKIT AP LEI CHAU

10:27:00 pm
KEINDAHAN BUKIT AP LEI CHAU
Bukit Ap Lei Chau

Karya-bmi.com - Sobat BMI, hari libur pastinya hari yang kita tunggu-tunggu. Banyak teman kita yang memanfaatkan hari libur untuk berekreasi, belajar, bahkan shopping. Salah satu acara yang bisa kita jadikan alternatif adalah hiking. Selain nyaman buat kantong, juga bagus untuk kesehatan. Namun perlu diperhatikan, jangan jadikan hiking sebagai sebuah trend untuk narsis dengan mengabaikan peraturan hanya demi mendapatkan foto-foto yang bagus. Sebelum melakukan hiking, hendaknya perhatikan hal-hal berikut ini :
  1. Jangan membuang sampah disembarang tempat. Apalagi meninggalkannya di atas gunung.
  2. Jagalah kelestarian alam, jangan merusak tanaman, membunuh binatang, dll.
  3. Jangan sekali-kali melakukan vandalisme, mencoret-coret batu, summit atau tempat-tempat tertentu hanya untuk membuktikan bahwa kita pernah berada di tempat itu.
  4. Hindari melakukan perbuatan-perbuatan buruk dan ekstrim ( seperti foto naik di tiang listrik dengan   membawa bendera Indonesia ). Selain bahaya bagi kita sendiri juga bisa mencoreng nama baik negara kita.
  5. Pakailah sepatu dan baju yang nyaman untuk hiking. Jangan memakai sepatu hak tinggi, rok mini ke tat, dll saat naik ke gunung.
  6. Biasakan membuat screen shot jalur yang dituju dan disimpan di HP. Mengingat kadang di atas gunung tidak ada signal internet.
  7. Jika terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan, segera lakukan pertolongan dan hubungi 999.
  8. Keselamatanmu adalah tanggung jawabmu. Jangan memaksakan diri untuk berangkat bila dirasa kondisi badan tidak mendukung, cuaca buruk, dll.

Baiklah, sebagai langkah awal, berikut saya tuliskan destinasi dengan jalur yang ringan dulu dan bisa ditempuh untuk para pemula.

Bukit Ap Lei Chau

• Jarak Tempuh : 1,5 jam ( versi saya  jalan santai )
  • Kategori         : Jalur ringan
  • Peralatan         : Sepatu & baju yang nyaman, air secukupnya, bekal makan siang.
  • Transportasi    :  Naik bis no 97 dari stadium Southron Wanchai sebelah dalam ( jalan ting ting). Turun di  pemberhentian paling akhir.

Setelah turun dari bus, berjalanlah ke arah toilet kuning di pojokan terminal ( panah biru pada gambar di atas). Di belakangnya ada anak tangga, mulailah naik

Sampai pada sebuah bangunan berpagar, belok kiri

Lalu berjalan lurus, ada 2 belokan yang sama-sama menuju ke atas. Jalan di sebelah kiri lebih mudah karena dilengkapi dengan tali, tetapi agak jauh. Jalur sebelah kanan lebih sulit karena tidak dilengkapi dengan tali dan terjal.

Kira kira 1,5 jam sampailah di summit. Kelelahan kita akan terobati dengan pemandangan yang begitu indah. Kita bisa menyaksikan Lamma island dari kejauhan...

Sejauh mata memandang tampak lautan yang biru dengan perbukitan kecil yang bertebaran , sejuk di mata.....

Jika mempunyai banyak waktu kita bisa turun ke bukit kecil dibawah sana, tetapi jangan heran, walaupun kelihatan dekat, cukup memakan waktu untuk sampai di sana.

Tempat ini juga cocok untuk menikmati sunset. Tetapi perlu diperhitungkan waktu jangan sampai kemalaman ketika turun mengingat tidak ada penerangan di sepanjang jalan. Bawalah lampu senter untuk penerangan saat turun bukit.

Indah bukan? Take your time and enjoy. Untuk turun, kembali ke jalur semula saat naik. Ingat, ketika turun, bawalah serta sampah anda. Jadilah adventurer yang bijak.