CUACA DAN MUSIM DALAM KANTONIS

9:58:00 am

Musim (kwai jit)

Hongkong memiliki keistimewaan, dengan memiliki 4 musim, yaitu musim semi, panas, gugur dan dingin.

  1. Musim Semi/ Spring (Joon Din), dimana musim datangnya pada bulan Maret hingga pertengahan Mei. Musin ini cenderung hangat dan lembab di sertai dengan kabut dan seringnya gerimis. Suhu rata rata 18°C-25°C, dan pada malam hari akan terasa dingin. Pada musim ini sesuai namanya, pohon dan tumbuhan akan mulai semi kembali, dan cocok untuk menanam segala macam tanaman.
  2. Musim Panas/ Summer (Ha Din), ini berada di akhir bulan Mei hingga pertengahan September. Udara cukup panas, lembab, dan sesekali terjadi badai dan topan. Suhu rata-rata diatas 25°C. Akan mencapai puncak panas pada bulan Juli dan Agustus dengan suhu mencapai diatas 33°C. Di dua bulan ini, ada libur panjang untuk sekolah tingkat pra sekolah hingga tingkat SMA. 
  3. Musim Gugur/ Autumn ( Jau Din), udara akan terasa sejuk, banyak sinar matahari, di mulai akhir bulan September sampai bulan akhir bulan November. Musim ini merupakan musim pralihan menyebabkan suhu tidak menentu, kadang panas dan terkadang dingin. Suhu rata-rata 18°C-25°C.
  4. Musim Dingin/ Winter ( Tung Din), bersifat kering, dingin, dan sejuk. Biasanya datang pada bulan Desember dan berakhir di bulan Februari. Kadang suhu bisa turun dratis hingga 9°C ataupun lebih untuk wilayah Hong Kong tertentu. 

Cuaca ( Din Hei/ Hei Wan)

Cuaca di Hong Kong setiap saat berubah, tergantung datangnya arah angin dan musim yang sedang berlangsung. Berikut kosa kata yang beehubungan dengan cuaca.
Panas : Yit
Dingin : Tung
Hangat : Luin
Sejuk : Liong
Berkabut : Yin Din
Cerah : Ho Din
Berangin : Hei Fong
Lembab : Jiu Sap
Segar : Song
Kering : Kon
Basah : Sap
Hujan : Yi ( lok yi)
Gerimis : Mo yi
Banjir : Soi Cam
Petir : Hang Loi
Kilat : Sim Tin
Gelap : Hak
Terang : Kwong
Gulita : Hak mang mang
Topan : Ta Fong
Angin kencang : Tai Fong
Asap : Yin
Debu : Jan
Mendung : wan
Suhu : He wan
Derajat (°) : Tou
Suhu yang tidak menentu, bisa di cek siaran telivisi. Biasanya live bila turun hujan lebat ada pembagian rambu khusus. Dan berlaku juga bila topan terjadi, hal ini akan di bahas pada artikel berikutnya. Sampai jumpa, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »