RASA DALAM KANTONIS (MEITO)

10:33:00 am

Rasa tentang masakan
Rasa inti yang kita bahas adalah tentang masakan. Rasa utama yaitu; Asin, Asam, Manis, Pedas, Pahit dan Hambar. Atau mungkin ada rasa lain bisa di bahad di artikel berikutnya.
Rasa Manis ( Diim)
Cara pengucapan huruf i lebih tipis dan dan panjang satu ketukan. "Dim" bisa di gunakan untuk semua ungkapan yang menyatakan manis, baik kiasan atau kata sesungguhnya. Misal, dong hou dim ( gula sangat manis). Atau untuk mengungkapkan kiasan "lei ko loik bang yau, hou dim" ( cewek mu manis sekali).
Rasa Pahit (fu)
Cara pengucapannya datar saja, "fu". Ingat dalam kantonis penekanan dalam suku kata bisa lain arti lagi. Misal, em kau dong, hou fu ( kurang gula sangat pahit). Berbeda lagi dengan em kau fen hou san fuu ( kurang tidur, sangat lelah).
Rasa Pedas (latk)
Cara pengucapannya seolah-olah menyimpan huruf "k" di langit-langit lidah. Latk di ucapkan cepat dan singkat. Ngo cung yi sel latk ciong( saya suka makan sambal pedas.
Asin (Ham)
Cara pengucapan datar menggunakan nada rendah dan tanpa jeda. Kamyat lei jui tak hou ham ( hari ini kamu masak, sangat asin).
Enak ( Hou me)
Hou me berarti rasanya bagus, bisa juga menggunakan hou sek berarti makanannya bagus.
Hambar (Daam/ mou me)
Pengucapan "a" dalam daam agak panjang melengkuk ke bawah. Berarti tidak ada rasa atau mou me sama saja.
Wangi ( Heoong)
Wangi di sini merupakan rasa dalam masakan. Lei ju mea, kem heoong ke? Kamu masak apa, harum sekali?

Rasa yang berhubungan dengan perasaan, misal sakit hati ( sam dong) biasanya di gunakan untuk mengungkapkan kekecewaan. Istilah lain hurt dalam bahasa Inggris.
Bila ingin menungkapkan rasa, tidak enak badan ( em si fuk) yang berarti berhubungan dengan kenyamanan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »