Tips Mengangkat Telephone Dalam Kantonis

3:03:00 pm

TELEPHONE RUMAH


Dalam Kantonis untuk nenjawab telpon pertama adalah "Wai ( bacanya : waiyii)". Otomatis penelpon akan mengerti bahwa bahasa yang akan di gunakan adalah bahasa kantonis. Karena dalam sehari-hari di Hong Kong berlaku dua bahasa yaitu Kantonis dan Inggris, sebagian Mandarin. "Hello" pun bisa di gunakan, yang mengartikan penerima telepon menggunakan bahasa Inggris.

"Wan pingko a ?", kata utama untuk menanyakan cari siapa. Atau lebih sopan lagi, kita terlebih dahulu menayakan siapa yang menelpon, " hai pin wai le?".

Mungkin penelpon akan menyebutkan nama seseorang " Ngo hai X sang/ X siuce" yang artinya, saya adalah Tuan X / Nona X.

"Emkoi, Wong Sang", arti sesungguhnya permisi tuan Wong, tetapi maksud penelpon adalah mencari tian Wong.

"Jing tang tan/ jing tang yat can" artinya, mohon tunggu sebentar. Dan apabila tidak ada di rumah " Wong Sang em hai Okge". Atau pun bisa di jawab dengan "Wong Sang Jut co kai / jut co hoi". Berarti Wong Sang sedang pergi keluar.

"Muisi, Wong Sang jung kan liong/ fen kan kau, lei ji ti coi ta lei la".  Maaf, Wong Sang sedang mandi/ tidur, nanti anda telpon lagi. Disini tidak menggunakan maaf dengan Toe Em Jui karna bukan sebuah kesalahan, cukup dengan muisi karena mengecewakan.

Cara memberitahukan kepada majikan
Bila sedang di kamar, pertama harus mengetuk pintu, " Wong Sang yau tinwa, wan lei" ( Tuan wong, ada telpon mencarimu)

Untuk meminta meninggalkan pesan, atau nomor telpon agar di telpon balik. "Jeng lei, lau tai tin wa houma, ceng kan fuk fan tin wa pei lei", yang maksudnya silahkan tinggalkan nomor telpon, nanti akan di tepon balik. Atau bila meminta meninggalkan pesan, "yau mea fen fu, ceng kan ngo wa pei goi ci" artinya ada pesan apa, nanti saya beritahukan kepadanya.

Dan apabila ada telpon salah sambung.
Maaf, saya salah sambung. "Toe em jui ngo ta jo tin wa", maaf saya salah menelpon.

Untuk meninggalkan pesan, tinggal menunggu suara dari operator kemudian tinggalkan rekaman suara di voice mailbox.

TELPON SELULAR/ HANDPHONE
Adapun cara-cara menggunakan telpon genggam sama seperti telpon rumah, bedanya kalau hp(handphone) dimiliki secara pribadi dan bisa di bawa kemana saja. Jangan peenah mencoba membuka hp milik majikan karena biasanya mereka tidak suka. Di Hp sering adanya promosi  teliti dan cermati dan hati-hati dengan jenis penipuan.

Operator kartu telpon, menyediakan layanan pra bayar atau pun bulanan. Silahkan mendaftar terlebih dahulu untuk akses bulanan.

Kosa kata dalam bertelopon:

Hallo : Waii / lei Hou/ hello
Wan : Mencari
Ping ko/ pin wai : Siapa
Tang tan/ yat can : Tunggu sebentar
Coi ta lei : Telpon lagi
Fen Fu : Pesan
Houma : Nomer
Tin wa : telepon
Saudai tinwa : Handphone
Ta tinwa : menelpon
Deng / cip tinwa : angkat telpon
Joliong fok tinwa : interlokal
Tinwa kat : kartu telpon

SELAMAT BELAJAR SEMOGA MENJADI BMI SMART.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »