PEMPEK PALEMBANG TANPA IKAN

9:43:00 pm
Pempek Palembang tanpa ikan

Bahan - bahan antara lain :
Bahan pempek :
250gram sagu tani
50 gram terigu
200 ml air
1 sdt garam atau sesuai selera
1 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, haluskan
2 sdm minyak goreng
1 butir telur utk adonan

bahan tambahan:
 2 liter air untuk merebus
6 butir telur untuk isian ukuran kecil

Pelengkap:
Cuko pempek (kuah pempek) & timun, potong kotak kecil-kecil

Cara membuat:
1. Kita buat bahan biangnya dulu bun,
Campur terigu, air, garam, gula pasir dan bawang putih halus. Aduk rata. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mengental. Angkat.
Tunggu 10 menit lalu  Masukkan minyak goreng, aduk rata dan dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas sekitar 30 menit. Sisihkan.

2. Keluarkan bahan  biang dari kulkas, masukan telur satu butir llalualu aduk sampai rata, lalu campurkan Sagu (sagu tani) sedikit demi sedikit kemudian aduk dengan tangan asal rata saja, jangan diuleni terlalu lama.
3. Adonan siap dibentuk sesuai selera
4. Didihkan air untuk merebus

cara bentuk  Pempek kapal selam:
1. Pecahkan 1 butir telur ke cangkir kecil, bila perlu buang putih telurnya sedikit agar isian pempek tidak terlalu penuh sehingga mempersulit dan membuat cepat bocor. Tergantung ukuran telurnya juga. Telur tidak perlu dikocok. Sisihkan.
2. Lumuri kedua telapak tangan dengan sagu. Ambil adonan pempek, sekitar 150 gram atau sesuai selera besarnya. Bulatkan dengan telapak tangan. Tekan tengahnya dengan jari, kemudian perlahan buat lubang hingga berbentuk seperti kantung. Bagian bawah harus lebih tebal dari bagian atas agar adonan tidak bocor saat diisi. Pipihkan pinggiran bibir mangkuk adonan. Setelah lubang dirasa cukup, tuang perlahan telur dari cangkirnya. Jangan terlalu penuh, sisakan space untuk merekatkan.
3. Rekatkan bibir adonan dengan cara dijepit-jepit dengan jari sampai benar-benar menyatu. Cemplungkan ke dalam air mendidih perlahan-lahan jangan dibanting! Masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Cuko pempek (kuah pempek):
Bahannya:
250 gr Gula merah biasa
1 sdm Asam jawa
2 Sdm ebi (haluskan)
2 gelas air
4 Bawang putih, haluskan
3 Cabai rawit hijau dan merah
1 sdt Garam
1 sdt gula pasir

Caranya:
1. Rebus air, gula aren, asam jawa sampai gula larut. Angkat dan saring. Buang ampasnya.
2. Masukan bahan2 yg telah diHaluskan (bawang putih ,garam,gula,cabe dan ebi,) masukan dan rebus kembali hingga mendidih.cicipi. Siap di hidangkan.

Sajikan pempek bersama pelengkapnya.
Copas sumber : Face Book Elli Prasetyo

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »