Makna Setiap Hidangan Pada Perayaan Tahun Baru China

11:10:00 am
Menu hidangan pada hari raya tahun baru  ada berbagai macam, namun yang utama ada 7 macam yang akan di jabarkan menurut makna dan tujuannya yang paling afdol dan dilakukan hampir seluruh orang China.


7 Top menu keberuntungan pada hari
Tahun Baru China
1. Steam Ikan 魚
Biasanya di steam dengan taburan daun bawang dan jahe di siram dengan minyak panas dan kecap asin.

Ikan (魚, Yu) terdengar seperti "yu" yang berati "tambah".Di harapkan harta mereka akan bertambah untuk tahun yang akan datang.

beberapa ucapan yang berhubungan dengan ikan pada hari raya Tahun baru:
  • Nin nin yau yu, 年年有餘 ( tahun ke tahun terus berlimpah)
  • Yu yuek lung mun 魚躍龍門 (ikan yg besar yang berhasil melompati gerbang tinggi berubah menjadi naga), yang berati doa semoga sukses menghadapi ujian.
2. Pastel/ Pangsit China (佼子, kao ji)


Pangsit ini mengartikan  emas batangan yang berbentuk perahu, oval dan muncul pada kedua ujung. Menurut legenda, semakin banyak makan pangsit maka semakin bertambah hartanya. 
Pangsit berisikan sayur-sayuran dan daging. Cara memasak bisa dengan di goreng atau di rebus dengan kuah.

Ucapan Yang berhubugan dengan pangsit:

  • Ciu choi con pou(招財進寶 ) siap untuk kemajuan. Diambil kata 財 (choi) yang mirip dengan 菜 (jhoi) sayur yang ada di dalamnya.


3. Lumpia (看卷 chuen kyun)

Hidangan ini sangat populer di China bagian timur; Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, Hong Kong dll.

Lumpia berbentuk gulungan silinder dan di goreng sehingga berwarna kuning keemasan yang melambangkan emas batangan, berarti harta.
Ucapan yang berhubungan denga Lumpia:
  • Wong kam maan liong 黃金萬兩 (berpuluh ribu emas batangan) yang berarti keinginan untuk makmur dan berkecukupan  akan harta yang melimpah.

4. Jenang Ketan (年糕, Lin ko/ Nin gwo) dan Turnip cake (lopak ko)
  • Lin ko terbuat dari tepung ketan dan gula kemudian di steam beberapa jam hingga matang. Hampir mirip dengan Jenang khas jawa tetapi ini hanya di steam tidak menggunakan santan (ada yang menggunakan juga bila suka). 年年高 (lin lin ko/ nin nin ko) berarti tahun ke tahun terus tambah tinggi. Bisa di artikan tinggi kedudukan, kesuksesan atau pun kenaikan kelas untuk seorang pelajar.
  • Baca juga Cara Membuat Lopak Ko dan Makna istilah makan lopak ko pada hari tahun baru China

5. Kolak Biji Salak Ketan (湯圓, Dong yun)
Terbuat dari tepung ketan di bentuk bulatan berisi gula merah. Dong yun di makan bersama, karena terbuat dari tepung ketan, agak lengket dan bulat, melambangkan bersatunya keluarga, berkumpul dan berbahagia (團圓, dong dong yun yun).

6. Mie Panjang 長壽麵 (jiong si min)
Melambangkan keinginan berumur panjang. Saat memasak, di usahakan mie sepanjang mungkin dan tidak di potong.

7. Buah-buahan 水果
Buah yang paling umum adalah jeruk, karena berwarna kuning seperti emas. Buah lain pun banyak di sediakan, tetapi jeruk lebih mengandung makna.
  • Jeruk (橙, cheng) cara melafalkan mirip dengan "Sukses" (成, seng).
  • Jeruk mandarin (桔, khaat) cara melafalkannya mirip dengan "keberuntungan" (吉, khat),
  • Jeruk Bali (柚, yau) cara melafalkannya mirip dengan "lagi/terus" (又, yau), yang di maksudkan adalah keberungan akan terus datang dan datang lagi.
Sumber : si boss mimind KBMI
😁😁😁✌✌

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »