Makna Simbol Manisan Pada Perayaan Tahun Baru China

9:55:00 am
Karya-bmi.com -- Berbagai macam manisan di jual di toko atau pun pasar pada hari menjelang perayaan tahun baru China.
Semua yang merayakan di sibukkan dengan berbagai kegiatan, seperti bersih-bersih, membuat lopak ko, linko atau pun manisan. Tapi, tahukah sobat BMI makna dari Manisan. Kemarin sudah kita bahas tentang Makna Lopak ko.

Perayaan ini adalah yang paling penting dari keseluruhan perayaan di sepanjang tahun. Perayaan ini di sebut Tahun Baru China (中國 農曆 新年). Yang tiba pada musim dingin di meriahkan adanya Hong Pao/ lesi (紅包), kerabat saling berkunjung dan pesta makan-makan. Di simbolkan dengan warna merah yang berarti bahagia, gembira ria.

1. Box / Rodong makanan 攢 盒
Yang mengartikan sebuah wadah kebersamaan yang manis. Di dalam box ada berbagai macam manisan, permen ataupun buah kering dan juga kwaci.


2. Manisan akar teratai 糖 蓮藕.
Yang memaknai kelimpahan rejeki mengakar dari tahun ke tahun. Yang pasti berharap sepanjang tahun yang akan datang selalu berlimpah rejeki.


3. Kwaci Merah 紅 瓜子. 
Kwaci dari biji-bijian sejenis semangka yang berwarna merah. Biji semangka merah ini makna simboliknya adalah kebahagiaan (merah紅) , kwaci bermakna kesuburan atau banyak keturunan (Biji/benih 子) yang untuk generasi Cina tua sangat penting. Biji merah/kwaci datang dari semangka Ningxia tapi hati-hati karena banyak penjual mewarnai biji mereka untuk mencapai warna yang lebih merah untuk mengambil banyak keuntungan.


4. Kwaci hitam 黑 瓜子.
Arti simbolisnya adalah kesuburan atau banyak keturunan. Hampir sama dengan kwaci lain. Maka, makanlah banya kwaci bila ingin mendapatkan keturunan yang banyak...😊!


5. Manisan biji teratai 糖 蓮子.
Maknanya juga sama agar banyak keturunan. Di ambil dari kata (子) yang berati benih. Orang China dahulu memang benar-benar terobsesi dengan memiliki banyak keturunan yang terutama jenis kelamin laki-laki.


6. Manisan labu 糖 冬瓜 (dong tung kwa).
Makna simbolisnya adalah pertumbuhan dan kesehatan.

7. Manisan Kelapa Kering 糖 椰子
Makna simbolik kelapa adalah kebersamaan. Manisan ini berbentuk potongan dan strip bersalju oleh balutan gula.


Semangat lagi sobat BMI, semoga perayaan tahun ini menambah semangat juga pada kita untuk tahun yang akan datang.
Jangan lupa ucapkan pada semua:

Selamat tahun baru 新年 快樂 (San Nin Fai Lok)

Share bila bermanfaat!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »