Perayaan Hari Kedua Tahun Baru China "Hoi Lin"

4:13:00 pm
Perayaan hari kedua Imlek di Hong Kong

Karya-bmi.com -- Hari kedua tahun baru Cina juga di kenal sebagai  "開年, Hoi Lin" dalam bahasa cina berarti awal/pembuka tahun. Pada hari ini, toko-toko, para pengusaha, ataupun keluarga biasa akan menyumbangkan korban sembelihan kepada "財神, choi san" (Dewa keberuntungan), mereka berharap dewa akan melimpahkan keberuntungan yang besar di tahun mendatang. Adapun jenis hewan yang di korbankan adalah: seekor babi, kambing, ayam, bebek  utuh dan ikan kakap merah.

Selain itu, hari kedua tahun baru cina di sebut juga sebagai "迎婚日, ying fen yat", dalam bahasa cina berati, hari menyambut anak menantu laki-laki. Pada hari ini, anak perempuan yang sudah menikah akan mengunjungi rumah orang tuanya bersama dengan suami dan tidak pada hari pertama karena dianggap Tabu/tidak baik (click untuk membaca)

Dan pada tradisinya, di hari ini anak perempuan dan suaminya akan makan bersama dengan keluarga. Dalam kesempatan ini mereka gunakan untuk bercerita dan berbincang-bincang, ataupun para orang tua akan menceritakan masa kecil atau kisah lampau mereka.

Setelah makan bersama, mereka juga akan mengunjungi sanak keluarga lain ataupun sahabat atau juga atasan di kantor. ini biasa di sebut "Pai Lin/Nin". Dan saling memberi Hong pao, khususnya yang sudah menikah. dan tidak di haruskan untuk yang belum menikah. so...inilah kemenangan si Jomblo,,,😁😁

Di daerah pelosok, khusus untuk para kaum kurang mampu atau pengemis, akan mengunjungi rumah-rumah, dengan membawa gambar Dewa keberuntungan, dan sambil berteriak "Choi Shan To". Maka sang pemilik rumah akan mengahadiahkan "hong pao" kepada mereka.

Hari kedua juga di yakini sebagai hari ulang tahun "Che Kung". Che Kung adalah, Seorang komandan militer Dinasti Song selatan, yang melindungi  kaisar song bing untuk melarikan diri dari penjajah mongolia dan dianggap sebagai Loyalti kepada kaisar. Maka sebagian besar mereka pun akan mengunjungi kuil, dan meminta keberuntungan melalui "kau Cim" (seperti lotre, di kocok kemudian di ambil salah satu).

Ada sebagian juga percaya, bahwa hari kedua juga adalah hari kelahiran untuk semua anjing yang ada di bumi. maka pada hari ini akan ada yang memberikan perlakuan special pada anjing mereka.

Di Hong Kong, biasanya pada hari kedua pemerintah menyediakan pertunjukan kembang api. Yang berada di sepanjang Victoria Harbour ataupun menikamati tampilan barong sai di berbagai tempat umum, seperti mall ataupun taman.

Halaman berikut tentang hari ke tiga perayaan tahun baru Cina.
Please bagikan, bila bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »