Hadiah Yang Di Anggap Tabu oleh Orang China

4:11:00 pm

Kepercayaan orang Cina tentang budaya sangatlah kuat. Dan hal buruk selalu di kaitkan dengan apapun, karena mereka merasa apapun jenis yang tidak baik akan selalu terbawa, bila kita melakukan hal yang berkaitan tersebut, maka akan membawa nasib buruk juga. Seperti halnya hadiah, jadi....kita harus hati-hati bila ingin memberi hadiah. Maksud hadiah memang bail, akan berarti fatal jika kita tidak mengerti maknanya.

Baca juga : Adat dan Kepercayaan Orang Cina

Ada beberapa macam hadiah yang tidak baik, adalah sebaga berikut:

1. Jam
Memberikan teman/keluara/ boss orang China jam sebagai hadiah harus dihindari karena kedengarannya seperti  mengeja "Sung Chung" dalam bahasa Cina, yang berarti sudah waktunya ritual pemakaman.

2. Topi Hijau
Sebuah topi hijau (luk mou) mengacu pada frase "Tae Lou Mou"  dalam bahasa Cina, yang berarti sang istri adalah melakukan kecurangan pada dia. Seorang pria yang memakai topi hijau menyiratkan bahwa istrinya berzinah.

3. Payung
Memberikan teman Anda payung berarti Anda ingin mengakhiri hubungan karena payung terdengar like bersifat menutup "San" dalam bahasa Cina, yang berarti untuk memisahkan. Memberikan pasangan yang sudah menikah payung sebagai hadiah harus dihindari.

4. Hadiah di Set dengan jumlah 4 atau berhubungan dengan angka 4.
Empat (四, sei) suara seperti  "死, Sei" dalam bahasa Cina, yang berarti kematian. Anda harus menghindari memberikan hadiah di set empat. Di Cina, Anda mungkin melihat lantai 4 di tulis dengan huruf F bukan 4 di lift.

5. Pear
Kata pear "梨,Li" mirip dengan "Li" dalam bahasa Cina, yang memiliki arti yang sama seperti yang terpisah dan dianggap sial, misalkan "li fen=bercerai"

6. Sepatu
Memberikan sepatu sebagai hadiah mungkin bukan ide yang baik karena "Hai"
鞋 terdengar mirip 邪 yang berarti jahat.

7. Pisau atau gunting
Pisau dan gunting yang digunakan untuk memotong. Mereka melambangkan melanggar hubungan atau memutus hubungan.

8. Krisan/ Bunga Seruni
Di Cina, krisan sering digunakan untuk meratapi kematian orang yang dicintai.

9. Handuk
Handuk diberikan pada saat pemakaman. Menerima handuk sebagai hadiah dapat membawa kembali kenangan sedih.

10. Apa pun berwarna Putih atau Hitam
Di Cina, warna putih dan hitam yang terkait dengan nasib buruk karena mereka digunakan selama pemakaman. Oleh karena itu, membungkus hadiah dengan warna ini harus dihindari.

11. Dompet
Cina percaya bahwa memberikan dompet mirip dengan memberikan "ruang kekayaan" diri sendiri. Jika memberi seseorang dompet sebagai hadiah, ada kemungkinan bahwa membawa kesialan keberuntungan diri sendiri. Namun, memberikan dompet antara suami dan istri atau kekasih baik-baik saja karena kedekatan hubungan berdua.

12. Boneka Kain
Boneka Kain dipandang sebagai karakter jahat (小人, siu yan), beberapa orang percaya bahwa boneka tersebut menarik roh jahat dan mengganggu keharmonisan keluarga.

13. Barang Antik/ Unik, atau berupa peninggalan nenek moyang.
Permata tua (atau batu antik) dan barang antik lainnya dikenal untuk menarik roh jahat. Meskipun beberapa permata dan barang antik bisa sangat berharga dan bernilai, kita tidak pernah tahu apakah ada roh jahat tinggal didalamnya. Oleh karena itu, berarti kesialan dalam adat Cina untuk memberi dan menerima berupa permata / barang-barang antik.

Jadi hati-hatilah saat memberikan hadiah kepada siapapun termasuk teman ataupun boss yang keturunan Cina.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »