Surat Edaran Tentang Penipuan Kepada Calon TKI/TKI

10:28:00 am
Surat Edaran No. B.347/PPTKPKK/I/2017 Tentang Penipuan Kepada Calon TKI / TKI.

Sering kali ada berbagai macam jenis penipuan, yang paling sering adalah via telpon. Adapun jenis penipuan adalah undian berhadiah. Sebagian besar di alami para BMI ataupun calon TKI.

Modusnya berupa, mengatas namakan Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia, baik melalui telpon maupun datang langsung, dengan cara meminta calon TKI/TKI terlebih dahulu mentransfer sejumlah uang  ke rekening tertentu.

Ada salah satu Akun Facebook menuliskan bahwa dirinya pernah di telpon oleh seseorang yang mengaku dari Kementrian Ketenagakerjaan. Ia mendapatkan hadiah sejumlah uang. Dan harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu, sebagai syarat pembayaran pajak dan administrasi.


Banyaknya keluhan dan ketidak pastian tentang berita ini, dengan demikian Direktorat Jendral Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia mengeluarkan surat edaran yang berisi sebagai berikut:

  1. Bahwa kementrian Ketenagakerjaan tidak pernahmenyelenggarakan undian/doorprize dalam bentuk apapun kepada calon TKI/TKI.
  2. Penipuan berkedok doorprize mengatasnamakan Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia TIDAK BENAR.
  3. Berkaitan dengan hal tersebut, di mohon kepada Perwakilan RI di negara penempatan kerja dan direktur Utama/ penanggung jawab PPTKIS untuk mengiformasikan kepada calon TKI/TKI agar tidak mudah percaya kepada siapapun  khusunya yang berkaitan dengan imbalan material.



Demikian tentang surat edaran, di harapkan kepada seluruh pembaca untuk membagikan dan memberitahukan ini, agar tidak ada penipuan yang sejenis ini.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »