Syarat dan Ketentuan WNI berkunjung ke Hong Kong

2:46:00 pm
Photo: Dari berbagai Sumber

WNI Tidak Membutuhkan Visa Turis untuk Berkunjung ke Hong Kong.

Sering kali adanya pertanyaan sebagai berikut:

Suami saya bekerja di Malaysia(kadang Korea,Taiwan,Jepang), dia ingin liburan ke Hong Kong. Apakah harus mengurus visa seperti negara lain?

Jawabannya:

Suami Anda cukup membeli tiket pesawat untuk pulang pergi. Dan ketika ditanya petugas Imigrasi apa tujuan datang ke Hong Kong, jawab saja jalan-jalan atau mengunjungi Istri.

Hong Kong memberlakukan bebas visa kunjung untuk 170 negara, termasuk Indonesia. Artinya warga dari 170 negara yang sudah terdaftar bisa mengunjungi Hong Kong tanpa visa, dan dapat tinggal dalam jangka waktu yang bervariasi; dari 7 hari sampai 180 hari, tergantung pada kebangsaannya (kewarganegaraan yang tercantum di Paspor). Untuk Warga Negara Indonesia (WNI) lama berlakunya bebas visa kunjung adalah 30 hari.

Jika ingin melihat detail silakan kunjungi :

Visit Visa/Entry Permit Requurement for the Hong Kong Special Adminitrative Region".

Persyaratan memasuki Hong Kong untuk Semua Pengunjung Asing:

  • Memiliki validitas minimal paspor dari 1 bulan sampai 6 bulan terhitung sejak memasuki dan tinggal di Hong Kong.
  • Mengisi dengan benar kartu imigrasi yang bisa didapatkan pada saat kedatangan (biasanya slip dibagikan di dalam pesawat). Jadi, semua pengunjung yang tiba di titik kontrol Imigrasi Hong Kong  akan mendapatkan slip pendaratan sebagai pengganti dokumen wisata.
  • Memiliki visa kunjung untuk selain warga dari 170 negara yang sudah terdaftar. Misalnya untuk pengunjung dari Vietnam harus memiliki visa kunjung.
  • Memiliki bukti pengaturan perjalanan kembali untuk meninggalkan Hong Kong (bukti bisa berupa tiket pesawat PP).
  • Memiliki dana yang cukup untuk tinggal tanpa bekerja, berdasarkan definisi Imigrasi. Untuk point ini tidak selalu ditanyakan. Jadi bisa diabaikan.
  • Tidak ada catatan kriminal serius dan tidak memiliki kemungkinan terlibat dalam kejahatan, atau dicurigai / dianggap menjadi risiko keamanan Hong Kong.
  • Sebagian besar wisatawan atau pengunjung tidak diperiksa untuk memenuhi tiga poin terakhir tetapi semua wisatawan harus memahami / mengetahui tentang kemungkinan bahwa imigrasi bisa saja memilih melakukan pemeriksaan.


Catatan Penting!
Bebas visa kunjung tidak berlaku untuk orang-orang yang datang ke HK dengan tujuan bisnis/ bekerja, belajar, menghadiri seminar dll.
Pelanggaran terhadap ijin tinggal bisa dikenai denda maksimum HK$ 50.000 dan penjara selama 2 tahun.

Cc: ink


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »