Hakim menjatuhkan hukuman kepada Pasutri Singapura yang menganiaya TKW Indonesia

7:24:00 pm

Karya-BMI- Singapura, Sepasang suami istri di Singapura ditahan, setelah terbukti berulang kali melakukan penganiayaan terhadap pekerja rumah tangga asal Indonesia.

Tay Wee Kiat (39 tahun) didakwa bersalah atas 12 tuduhan dan dijatuhi hukuman 2 tahun 4 bulan penjara, sedangkan istrinya Chia Yun Ling (41 tahun), dijatuhi hukuman 2 bulan penjara setelah dinyatakan bersalah atas 2 tuduhan.

REDWIRE Times, Jumat (10/3/2017), memberitakan, pengadilan Singapura memberi keterangan bahwa pekerja rumah tangga asal Indonesia bernama Fitriyah, disiksa oleh pasangan tersebut secara batin dan fisik sejak Desember 2010 hingga Desember 2012.

Tay yang merupakan mantan manajer IT regional, sering memukul kepala Fitriyah dengan tongkat.

Selain itu, Tay pernah memaksa Fitriyah untuk berdiri di atas bangku dan menahan kepalanya, lalu menyumpal mulut dengan botol plastik. Fitriyah dibuat berdiri dengan posisi itu selama 30 menit.

Dalam negoisasi, korban diminta tidak melaporkan pelanggaran tersebut. Tay mencoba menyuap dengan menawarkan membayar gaji penuh dan mengirimnya kembali ke Indonesia.

Tay juga memerintahkan korban untuk berbohong kepada polisi, menyuruhnya untuk mengatakan bahwa ia tidak melakukan penyimpangan terhadap mantan pembantunya dari Myanmar.

Selain itu, Chia (istri Tay), juga diketahui telah menampar dan meninju Fitriyah pada beberapa kesempatan.

Cara kasar pasangan ini terungkap ketika mantan pembantu Myanmar mereka, Moe Moe Than kembali ke Singapura untuk mengajukan laporan polisi atas perlakuan mereka.

Sementara itu Kementerian Tenaga Kerja mengatakan bahwa pasangan itu akan dihukum dan dilarang mempekerjakan pekerja rumah tangga di masa yang akan datang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »