Jumlah pengiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Sukabumi mengalami peningkatan.

10:33:00 am
Poto: internet

Karya-BMI - SUKABUMI -- Jumlah pengiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Sukabumi mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari jasa pengiriman uang Western Union (WU) di Kantor Pos Sukabumi.

"Kiriman uang TKI asal Sukabumi setiap tahunnya naik," ujar Manajer Pelayanan Kantor Pos Sukabumi Sudirman kepada wartawan Kamis (16/3). 

Ia mencontohkan pada 2015 lalu total kiriman uang dari para TKI hanya mencapai Rp 666.047.661.197. Pada 2016, kata Sudirman, jumlah pengiriman uang dari para TKI di luar negeri naik menjadi Rp 677.080.153.733. Sehingga terjadi peningkatan mencapai sekitar Rp 11 miliar.

Sudirman mengungkapkan, dari segi transaksi baik pengiriman maupun pengambilan uang pun mengalami peningkatan. Di mana, peningkatan transaksi mencapai enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Sudirman, momen peningkatan jumlah kiriman biasanya terjadi pada menjelang bulan Ramadhan maupun menjelang hari raya Idul Fitri. Fenomena tersebut sudah berlangsung selama bertahun-tahun.
Jumlah kiriman uang dari para TKI ungkap Sudirman setiap bulannya rata-rata mencapai Rp 50 miliar. 

Sementara pada momen menjelang hari raya Idul Fitri jumlahnya jauh meningkat sekitar sepuluh persen dibandingkan kondisi normal. Ditambahkan Sudirman, warga penerima uang kiriman TKI sebagian besar berada di selatan Sukabumi atau daerah Pajampangan. Pasalnya, sebagian besar TKI Sukabumi berasal dari wilayah tersebut.

Lebih lanjut Sudirman menerangkan, peningkatan pengiriman uang melalui Kantor Pos disebabkan sejumlah faktor. Misalnya, kemudahan layanan yang diberikan Kantor Pos terutama dalam pengambilan uang yang bisa dilakukan di kantor cabang di sejumlah kecamatan. 

Selain itu, terang Sudirman, Kantor Pos pun tidak memotong atau memungut biaya dalam proses pengambilan uang. Sehingga kata dia masyarakat akan mendapatkan uang secara utuh. Di sisi lain, sambung Sudirman, pada momen menjelang lebaran Kantor Pos akan meningkatkan layanan kepada warga yang akan mengambil kiriman uang dari keluargannya di luar negeri. 

Upaya tersebut, lanjut dia, dilakukan agar masyarakat tidak terlalu lama mengantri di loket layanan.Salah seorang warga Baros Kota Sukabumi Nuraisyah (26 tahun) mengatakan, suaminya secara rutin mengirimkan uang ke tanah air untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. "Jumlah kiriman uang biasanya akan ditambah menjelang lebaran," terang dia. (Kb/Hn)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »