Makna Ching Ming Festival dan adat yang di lakukan

12:03:00 pm
Poto :Internet, Ching Ming Chit

Bacaan oleh Karya-BMI 

Dalam bahasa Cina tradisional, 清明節 (Ching Ming Chit) jatuh pada bulan lunar ketiga dari kalender Cina, yang biasanya pada minggu pertama bulan April dalam kalender Gregorian/Umum. Festival ini sangat kuno, hari kembali kesejarah Cina sekitar 2.500 tahun.

Ching Ming dikenal juga dengan nama lain Tending Graves, Clear Bright Festival and Tomb Sweeping Day.

Nama-nama ini cukup akurat menggambarkan tema Ching Ming Festival. Ini adalah hari satu-satunya dalam setahun untuk keluarga mengunjungi makam, merapikan batu nisan, membersihkan rumput, membakar dupa dan mengirim uang atau makanan kepada keluarga yang sudah meninggal. Mereka membakar uang palsu dari kertas ataupun kadang stupa kertas yang menyerupai barang berharga.

Mereka juga mempersembahkan makanan yang kesemuanya di set dengan jumlah tiga. Misalnya, tiga mangkuk nasi, di tata denga set sumpit, dan menyiramkan arak ke makam, kemudian di ikuti anggota keluarga bergiliran membungkuk tiga kali sebagai tanda penghormatan kepada leluhur.

Beberapa orang sudah meninggalkan tradisi ini dan tidak pergi ke makam leluhur pada Ching Ming.

Tradisi lain untuk hari ini adalah untuk menerbangkan layang-layang dan banyak pasangan mulai pacaran pada Ching Ming ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »