PRT Filipina dan 2 majikannya serta 7 PRT Filipina lainnya di tangkap polisi, sebagai rentenir bunga mencekik

9:47:00 pm

Sebuah sindikat rentenir pinjaman uang kepada PRT Filipina telah terbongkar oleh Polisi Hong Kong. Jumlah pinjaman HK$ 10 juta akan di kenakan bunga hingga mencapai 120 persen. Sindikat ini terbongkar, ketika tertangkapnya pasangan pimpinan mereka dan di curigai, mempunyai delapan anggota.

Penyelidikan awal menunjukkan bahwa dari bulan Maret sampai Oktober tahun lalu, sekitar 1.200 pembantu rumah tangga meminjam uang dari sindikat yang diduga telah dijalankan oleh beberapa orang Hong Kong, menurut polisi.

"Jumlah masing-masing pinjaman itu antara HK $ 4000 hingga HK $ 15.000. Debitur meminta untuk menyerahkan paspor mereka dan kontrak kerja sebagai jaminan, "Inspektur Chan Hon-ming dari Organised Crime and Triad Bureau, Selssa kemarin.

Dia juga mengatakan peminjam harus membayar 10 persen dari jumlah pinjaman sebagai bunga bulanan, dengan tingkat bunga tahunan mencapai hingga 120 persen, yang jauh di atas batas legal dari 60 persen.

"Paspor dan kontrak kerja akan dikembalikan oleh debitur jika mereka bisa melunasi pinjaman mereka dengan membuat pembayaran one-off," katanya.

Dia mengatakan sindikat bisa mengantongi sebanyak HK $ 12 juta laba melalui pinjaman ilegal tersebut.

Polisi mengidentifikasi sindikat pada bulan Januari dan melakukan penyelidikan untuk identitas pemimpin kelompok dan anggotanya.

Chan mengatakan penyelidikan awal menunjukkan sindikat itu dikendalikan oleh beberapa Hong Kong berusia 49 dan 50 yang direkrut PRT mereka sendiri dan pembantu rumah tangga Filipina lainnya sebagai asisten untuk menemukan peminjam dan memperluas usaha.

Setelah penyelidikan dua bulan, petugas Organised Crime and Triad Bureau bergerak dan menangkap pasangan tersebut dan delapan wanita Filipina berusia 34-58 dalam serangkaian penggerebekan di seluruh kota pada hari Minggu dan Senin.

Delapan perempuan Filipina termasuk pembantu rumah tangga pasangan itu, menurut polisi.

Polisi mengatakan rekening bank mereka digunakan untuk mengumpulkan bunga dan pembayaran dari peminjam.

Petugas menyita HK $ 106,000 dan 242 paspor bersama kontrak kerja dan dokumen bank, catatan debit dan penerimaan Bank.

Inspektur mengatakan, hal itu mungkin penangkapan lebih lanjut akan dilakukan investigasi lanjutan.

Di bawah Uang Lender Ordonansi, meminjamkan uang tingkat bunga tahunan di atas 60 persen diancam hukuman maksimal 10 tahun penjara dan drndaHK$ 5.000.000.

Polisi mengatakan operasi itu bagian dari tindakan tegas selama enam bulan terhadap triad dan kejahatan terorganisir di Hong Kong, Macau dan Guangdong menjelang kunjungan pemimpin negara.

Presiden Xi Jinping diperkirakan akan mengunjungi Hong Kong pada akhir Juni dan awal Juli untuk menandai ulang tahun ke-20 kembalinya kota Hong Kong ke Cina.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »