Seorang Pemadam Kebakaran meninggal setelah melakukan penyelamatan kepada 2 hiker.

10:03:00 am

Karya-BMI - Seorang petugas pemadam kebakaran senior  Yau Siu-ming (50) meninggal pada Rabu  sore setelah jatuh dari tebing ketika mencoba untuk membantu dua pejalan kaki yang tersesat.

Ia menderita luka serius di kepala dan tak sadarkan diri saat di bawa dari bukit Tiu Shau Ngam, Ma On Shan.

Rekan-rekannya berjuang selama beberapa jam untuk menemukannya saat ia terbaring di lereng bukit di bawah tebing. Meskipun menggunakan helikopter untuk membantu upaya penyelamatan, tetap mengalami banyak kesulitan melihat kondisi lereng yang curam dan berbatu.

Setelah memakan waktu lama akhirnya dapat diselamatkan, dan dilarikan ke Rumah Sakit Prince Of Wales. Tapi kemudian Pihak Kantor Pemadam Kebakaran menegaskan bahwa ia telah meninggal karena luka-lukanya pada pukul 5 sore hari itu juga.

Sepasang pejalan kaki (32 dan 30 tahun) meminta bantuan pada Selasa malam pukul 18:56. Mereka telah kehilangan jejak dalam kabut gelap dan terjebak di lereng Tiu Shau Ngam. Ada 250 petugas pemadam kebakaran dan 19 mobil pemadam kebakaran dikirim ke lokasi kejadian. Pemadam kebakaran mulai menuju dan menanjak pada pukul 19:06 dan setelah pencarian lima jam ditemukan pasangan yang terjebak di lereng sekitar 10 meter di bawah route hiking.

Dua pejalan kaki tersebut berhasil diselamatkan pada Rabu sore dan dibawa ke rumah sakit.

Yau, sebagai pemadam kebakaran sejak tahun 1987, sedang bertugas di Tin Sum Fire Stasion, dekat Tai Wai. Dan memiliki seorang anak berumur 6 tahun.

Seorang juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran mengatakan visibilitas rendah di lembah dan lereng curam dan berbatu membuat misi penyelamatan sangat sulit.

Dalam sebuah pernyataan, Chief Executive CY Leung menyatakan kesedihan atas meninggalnya Yau dan disampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarga pemadam kebakaran.

Sekretaris Dinas Sipil, Clement Cheung, Dinas Sipil akan bekerjasama dengan Departemen Pemadam Kebakaran dan akan melakukan segala upaya untuk memberikan bantuan kepada keluarga Yau ini. (Hn/SCMP/Appledaily).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »