Usaha Penyelundupan 1000 Berlian di dalam sepatu digagalkan petugas Bea Cukai Perbatasan

3:41:00 pm
Pelaku dan barang bukti 1000 berlian

Karya-BMI -- Seorang laki-laki keturunan Cina di tangkap Petugas Bea Cukai Perbatasan, pada Senin, 21 Maret 2017.

Pasalnya, usaha penyelundupannya terbongkar oleh seorang petugas, yang mencurigai pada pose berjalannya saat berada di penyebrangan Luohu yang menghubungkan titik kontrol kota dan Lowu.

"Pria itu mencurigakan karena ia kadang-kadang berjingkat. Ketika ia mengetahui bahwa kita (petugas) sedang memperhatikannya, ia dengan cepat mencoba berjalan normal, " terang Xin-Hua seorang petugas bea cukai daratan Cina kepada wartawan.

Penyelundup sengaja menghindari pajak atas 1.000 berlian seberat 212,9 karat yang ia selipkan di dalam sepatunya, saat melewati titik kontrol imigrasi Shenzhen. Berlian ini di bawa dari Hong Kong melalui Lowu. 

Kasus yang serupa terjadi pada tanggal 4 Maret.  Petugas berhasil menyita 1.554 berlian dengan berat 164 karat disembunyikan dalam kemasan kacang ketika seorang pria daratan dicegat pada titik kontrol yang sama.

"Dalam dua minggu ini ada 26 kasus dan 2.243 karat berlian sitaan, pada titik kontrol yang sudah di pasang alat anti-penyelundupan," tegas Xin-Hua petugas bea cukai.

Seorang sumber dari kepemerintahan Hong Kong menerangkan bahwa berlian diselundupkan ke Shenzhen untuk menghindari pembatasan impor dan pajak daratan sebesar 20 sampai 30 persen dari nilai barang tersebut.

"Kami percaya bahwa berlian tersebut akan dibawa ke pabrik pengolahan daratan Cina untuk dibuat perhiasan sebelum diselundupkan kembali ke Hong Kong," tegasnya.

Menurut keterangan pelaku, tahun ayam secara tradisonal di anggap tahun yang baik untuk melangsungkan pernikahan. Sehingga peemintaan perhiasaan sangat banyak. (Hn/KBMI)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »