Majikan Wanita Kuwait di tangkap atas tuduhan tindakan tak manusiawi

11:12:00 pm
Terlihat seorang wanita menggantung
di jendela. Hn/CNN
Karya-BMI -- Pihak berwenang Kuwait telah mengajukan tuduhan terhadap seorang wanita yang memfilmkan sebuah video di mana dapat didengar ia mengejek seorang PRT yang memohon bantuan sebelum jatuh dari jendela.

Departemen Kehakiman mengatakan bahwa pada hari Minggu wanita Kuwait menghadapi dua tuduhan: syuting individu tanpa persetujuan dan penerbitan video dari seorang individu tanpa persetujuan. 

Pihak berwenang belum merilis nama wanita Kuwait atau pekerja rumah tangga, tersebut.

Di ketahui PRT merupakan seorang berkebangsaan Ethiopia.

Dalam video berdurasi 12 detik, dapat dilihat seorang wanita tergantung pada satu tangan di luar bilik jendela.

Paramedis menanggapi insiden, yang terjadi pada tanggal 30 Maret di distrik Sabah al-Salem-Kuwait City, bahwa tindakan majikan ini mengancam kehidupan orang lain.

PRT tersebut mengalami lengan patah dan cidera pada anggota tubuh lain.

Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri dan masyarakat Kuwait menanggapi kasus Hak Asasi Manusia ini mengeluarkan pernyataan pada hari yang sama, mengutuk tindakan majikan dan karakteristik mereka sebagai "tindak non manusiawi." 

Sekelompok masyarakat ini juga mendesak pemerintah untuk menyelidiki. Pihak berwenang menahan wanita Kuwait pada hari yang sama.

Majikan mengklaim dia sedang syuting makanan yang ia siapkan di dapur, dan seketika itu juga putrinya memberitahu bahwa pekerja rumah tangganya telah memanjat keluar jendela di ruang lain. Majikan wanita Kuwait ini bergegas ke ruangan dengan telepon masih di tangannya.

Menanggapi pertanyaan Jaksa tentang mengapa ia tidak membantu wanita itu ketika dia meminta bantuan, majikan menjawab bahwa pembantu itu terlalu berat dan bahwa dia tidak ingin mengambil risiko kemungkina ia ikut jatuh dari jendela.

Majikan menyatakan bahwa pekerja rumah tangganya telah dipekerjakan oleh keluarga mereka hanya beberapa hari. Dia juga membantah rumor bahwa pekerjanya telah disalahgunakan. Melainkan penyebabnya dia ingin melarikan diri atau bunuh diri.

Hingga karya ini terbit PRT itu tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Kuwait merupakan negara yang mempraktekkan sistem "Kafala" yang banyak di terapkan di negara Timur Tengah yaitu suatu sistem kerja di mana pekerja migran di bawah kekuasaan majikan mereka atas hak visa dan kelegalan status. Hn/CNN/KBMI.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »