PRT Filipina, di denda HK$ 800, atas tuduhan memakan Bakso milik majikannya seharga HK$ 100

7:26:00 pm

Karya-BMI -- Seorang pekerja rumah tangga asal Filipina didenda HK$ 800 oleh pengadilan pada hari Jumat, 7 April 2017 setelah ia mengakui memakan bakso milik majikannya seharga HK$ 100 tahun lalu.

Namun, ia sekarang bisa terbebas dari denda lain atas tuduhan mencuri dua pasang sandal kulit dan tas merk Agnes setelah jaksa menarik perkara karena korban berada di Rumah Sakit.

Mildred Nilo Ladia, 40, menangis saat ia mengaku bersalah atas satu tuduhan pencurian dan membantah untuk tuduhan lainnya.

Pengadilan Timur juga mendengar dari majikannya bahwa, Pengacara Gekko Lan Suet-ying, sudah memotong HK $ 100 dari gajinya HK $ 4.210 ketika ia ditangkap pada 2 Mei tahun lalu.

Sekarang dia diatur agar kehilangan kesempatan untuk mencari pekerjaan lagi di Hong Kong, menurut pembelanya, Theresa Low.

"Konsekuensi dari kasus pidana untuk klien saya sangat merusak," katanya kepada pengadilan. "Dia tidak akan dipekerjakan lagi di Hong Kong."

Low mengatakan "pekerjaan bagi kliennya sangat berharga besar karena ia pencari nafkah tunggal di keluarganya, menafkahi ketiga anaknya, berusia antara 7-20 tahun".

Lidia, telah bekerja untuk majikannya Lan, mulai bulan Agustus 2015, dengan pengalaman sebelumnya di Singapura, Malaysia dan Saudi Arabia dengan pekerjaan yang sama, tanpa ada insiden.

"Klien saya menyadari ini merupakan pelanggaran kasus kepercayaan," lanjut Low. "Dia sangat menyesal".

Menurut hakim Jason Wan Siu-ming, ia menemukan sifat pelanggaran yang cukup serius karena melibatkan pelanggaran kepercayaan. "Kepercayaan yang luar biasa kepada pekerja rumah tangga oleh majikannya."

Ia juga mencatat bahwa objek yang dicuri adalah item makanan dengan nilai harga sangat rendah dan kompensasinya serius.

"Dia mungkin akan kehilangan pekerjaannya dan kesempatan untuk bekerja di Hong Kong, yang merupakan dampak lebih parah," lanjutnya.

Ladia menolak berkomentar saat keluar dari pengadilan. Hn/scmp.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »