KEBAKARAN DI LONDON " INI BAGAIKAN FILM HOROR "

12:31:00 pm

 Foto:NY Daily News. tampak salah satu penghuni apartemen  menunggu evakuasi dari tim penyelamat .

Karya-BMI.com -- Sedikitnya 6 orang meninggal,  lebih dari 70 orang terluka dan beberapa masih belum diketemukan pasca kebakaran di apartemen London pada hari Rabu dini hari.

Saksi mata melaporkan orang-orang melompat dari bangunan berlantai 24 itu setelah terjebak oleh nyala api yang memuncak. asap tebal dapat terlihat dari jarak bermil-mil.

Anak-anak kecil menggedor jendela yang tertutup asap gelap. Seorang wanita menerjunkan bayinya, berharap seseorang akan menangkapnya dari bawah serta selusin cerita  yang pilu.

Ratusan penghuni apartemen yang sedang terlelap tidur tersentak dan terpaksa menyelamatkan diri melalui tangga yang gelap dan berasap. Grenfell Tower, adalah perumahan bersubsidi yang memprioritaskan penduduk berpenghasilan rendah dan penyandang cacat di salah satu lingkungan London yang  paling mewah.

"Rasanya seperti film horor, asap datang dari segala penjuru" kata salah satu penghuni apartemen  Adeeb yang menuruni sembilan anak tangga sekaligus dengan kruk  beserta istri dan ketiga putrinya. Adeeb mengatakan tidak ada alarm kebakaran. Dia mengetahui ada api setelah putrinya membangunkannya. " Saya melihat api, ketika saya membuka pintu saya melihat asap" tambah lelaki yang berasal dari Syiria dan telah menetap di Inggris selama 16 tahun itu. Salah satu putrinya kini dirawat di rumah sakit.

Kebakaran ini menimbulkan pertanyaan bagaimana mungkin sebuah apartemen yang baru saja direnovasi dan berada di pusat  salah satu kota terkaya di dunia itu bisa terbakar dengan sekejap mata. Beberapa bulan terakhir, warga mengeluhkan banwa perusahaan pengelola apartemen telah melanggar peraturan keselamatan kebakaran, termasuk penyediaan rute pelarian yang tidak memadai. Selain itu diduga juga ada kesalahan sistem alarm dan alat penyiram yang kurang memadai.

Petugas mengatakan penyebab kebakaran tersebut masih diselidiki. Tidak ada dugaan terorisme terkait kejadian ini.

Kepolisian London memastikan enam orang meninggal, Namun mereka memperkirakan jumlah korban akan bertambah. Layanan darurat melaporkan setidaknya 74 orang dirawat di lima rumah sakit, termasuk diantaranya 10 orang dalam kondisi kritis. Bangunan itu menampung sekitar 500 orang. Red/KBMI.








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »