WANITA HAID DAN LAILATUL QADAR

11:01:00 am
 
Karya-BMI.com-- Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh pengampunan. Dalam bulan ini terdapat Lailatul Qadar. Tepatnya pada salah satu sepuluh hari terakhir bulan ramadhan dalam hari berbilangan ganjil, yaitu 21, 23, 25, 27 atau 29.

Setiap umat muslim pasti mendambakan malam yang penuh kemuliaan ini. Orang-orang berlomba-lomba beribadah kepada Allah. Diantaranya dengan memperbanyak shalat sunat, membaca Al-Qur'an, i'tikaf di masjid dan masih banyak lagi. 

Banyak yang bertanya apakah wanita yang sedang haid bisa mendapatkan Lailatul Qadar? Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Kegelisahan ini muncul tatkala kita menyadari bahwa ada beberapa jenis ibadah yang tidak bisa dilaksanakan untuk wanita yang sedang datang bulan.

Perlu kita ketahui bahwa wanita yang sedang dalam keadaan haid masih bisa mendapatkan Lailatul Qadar. Syaikh Muhammad Sholih Al-Munajjid menjelaskan:

"Dan menghidupkan malam tidak hanya dengan sholat saja. Akan tetapi mencakup seluruh ketaatan"

Oleh karena itu, walaupun seorang wanita haid terhalang untuk melaksanakan sholat, i'tikaf dan menyentuh Al-Qur'an, namun dia masih bisa menghidupkan Lailatul Qadar dengan berbagai amalan, diantaranya:
  • Membaca Al-Qur'an tanpa menyentuh mushaf 
  • Berdzikir dengan memperbanyak bacaan tasbih, tahlil, tahmid, dan dzikir lainnya.
  • Memperbanyak istighfar
  • Memperbanyak Doa, dan sebagainya
Mari kita senantiasa berusaha untuk menghidupkan Lailatul Qadar. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »