Banyaknya Hiker Alami Dehidrasi, 14 Helikopter Di Kerahkan Untuk Evakuasi Korban

6:50:00 am

Karya-BMI.com -- Suhu udara di Hong Kong hari Sabtu (29/7) mencapai 36°C lebih. Panasnya udara ini dipengaruhi oleh typhoon "Nasa" dan badai tropis "Begonia". Pada pagi hari, pusat data Observatory telah mengeluarkan tanda peringatan cuaca yang sangat  panas. Dalam satu hari ini dilaporkan setidaknya ada 17 hiker yang menderita dehidrasi ketika melakukan hiking di bawah terik matahari yang menyengat. Mereka merasakan kelelahan, pusing dan gejala-gejala dehidrasi lainnya. Beberapa orang bahkan harus dibawa ke rumah sakit menggunakan helikopter, seperti dilaporkan Oriental Daily.

Di Sai Kung,  dilaporkan ada beberapa hiker yang mengalami gejala dehidrasi walaupun mereka telah membawa banyak bekal air. Mereka itu terdiri dari 7 orang pemuda laki-laki dan perempuan dengan usia yang sebaya. Pada pukul 3 sore dalam perjalanan menuju Ham Tin Wan, mereka merasakan pusing dan kelelahan. Salah seorang anggota rombongan segera menghubungi polisi untuk meminta bantuan, karena jarak tempat mereka jauh dengan jalan raya, petugas mengevakuasi mereka dengan helikopter. Dua orang laki-laki dan seorang wanita dibawa ke Eastern Hospital untuk menjalani perawatan.



Sementara itu, pada pukul 12:49 siang, seorang wanita yang sedang hiking di Wong Lung Hang juga merasakan tidak nyaman dan tergelincir di sungai hingga mengalami luka di bagian mulutnya. Beberapa rekan yang melihat segera menyelamatkannya dan meminta bantuan polisi. Wanita itu juga dibawa ke rumah sakit menggunakan helikopter.

Pada pukul 1 siang, dua orang laki-laki paruh baya beserta teman-temannya juga dilaporkan mengalami dehidrasi ketika menuruni bukit. Petugas segera tiba dilokasi. Dua orang dibawa ke East Hospital menggunakan helikopter. Salah satu dari mereka dalam kondisi serius, bahkan harus dipasang alat bantu oksigen.

Pada pukul 2 sore, dua hiker perempuan di Sha Tau Kok juga mengalami gejala dehidrasi. Petugas tiba di lokasi dengan membawa ambulan. Setelah mengalami pertolongan pertama, mereka merasakan lebih baik dan tidak perlu dibawa ke rumah sakit.

Pada pukul 2 sore, seorang wanita usia 40 tahun yang tengah hiking di MacLehose Trail, Ma On Shan juga dilaporkan merasakan tidak nyaman. Dia segera beristirahat dan meminta bantuan polisi. Wanita itu dibawa ke rumah sakit dengan helikopter untuk menjalani perawatan.

Pada pukul 3 sore, seorang hiker wanita di Sha Tin juga mengalami gejala dehidrasi. Namun dia tidak memerlukan bantuan polisi.

Pada pukul 4 sore, dua orang lelaki dan seorang wanita yang sedang hiking di Wilson Trail, Tsuen Wan  juga merasakan tidak nyaman. Mereka segera dibawa ke rumah sakit untuk menjalani rawat inap.

Seorang juru bicara dari Government Flying Service mengatakan hari ini setidaknya telah menerbangkan 14 buah helikopter sehubungan dengan kasus dehidrasi, 17 orang yang cedera , dimana 7 orang langsung dibawa ke Eastern Hospital dan 10 orang lainnya di bawa ke wan Chai dengan ambulan.

Mantan kepala departemen A&F dari North Distric Hospital, Chung Chin Hung mengatakan masyarakat harus mempertimbangkan baik baik saat akan hiking dalam cuaca yang panas.Mereka harus memakai pakaian berwarna terang, topi, dan bekal air yang cukup. Mereka juga harus menghindari paparan matahari langsung dalam waktu pukul  11 pagi, 3 sore, dan 4 sore. Hal itu dapat mengurangi resiko terserang dehidrasi dan kelelahan fisik. [Red/KBMI].

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »