Cina Berencana Akan Merekrut Tenaga Kerja Sektor Rumah Tangga dari Filipina

8:54:00 am

Karya-BMI.com -- Pemerintah Filipina akan menjalin kerja sama dengan Cina dalam pengiriman tenaga kerja asing sektor rumah tangga. Tentu saja hal ini bisa terwujud jika pemerintah Cina dan pemerintah Filipina dapat mencapai kesepakatan kerja sama dalam pertemuan yang dijadwalkan akan dilakukan  bulan September mendatang, seperti dilansir Appledaily.

Menurut wakil menteri tenaga kerja Filipina, Dominador Say, Delegasi Cina di Manila telah menghubungi pihak Departemen  ketenagakerjaan Filipina untuk membicarakan tentang kemungkinan merekrut tenaga kerja sektor rumah tangga dari Filipina yang akan ditempatkan di lima kota besar, termasuk Beijing, Shanghai dan Xiamen.

Masih menurut Say, Cina menawarkan gaji sebesar 100.000 peso (US$ 1.980) setiap bulan. Mereka tertarik untuk mengambil tenaga kerja dari Filipina karena kepintarannya berbahasa Inggris, yang tentu saja hal ini dapat membantu masyarakat Cina meningkatkan kualitas bahasa Inggris anak-anak mereka. "Masyarakat Filipina adalah masyarakat yang cinta damai" imbuhnya. Pemerintah Cina akan mengirimkan delegasinya ke Filipina pada bulan September untuk membicarakan masalah ini.

Menurut berita yang beredar di  surat kabar Cina, saat ini ada sekitar 100.000 orang tenaga kerja Filipina yang tersebar di Shanghai, Guangzhou, dan Shenzen. Namun mereka bekerja secara ilegal dengan visa bisnis, bukan visa kerja. Mereka tidak dilindungi dengan asuransi dan Undang-undang ketenaga kerjaan. Gaji rata-rata untuk PRT di Shanghai adalah 8.000 yuan (US$ 1.190) dan di Guangzhou adalah 6.000 yuan. Hal ini tentu jauh lebih tinggi daripada gaji PRT di Hong Kong (US$ 552), Singapura (US$ 420) dan Taiwan (US$ 579).

Pada bulan April, seorang wanita Filipina berusia 44 tahun menjadi tenaga kerja asing pertama yang dianugerahi ijin tinggal selama setahun di Shanghai. Namun UU yang mengatur perijinan pekerja rumah tangga asing untuk bekerja secara legal di Cina belum diluncurkan. [Red/KBMI]







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »