Dua Pria Indonesia Diganjar 3 Tahun Penjara Akibat Kasus Penipuan

10:16:00 am

Karya.BMI.com -- Dua Warga Negara Indonesia dijatuhi hukuman 3 tahun penjara oleh pengadilan Tinggi Hong Kong pada hari Selasa (18/7).

Romlan (41) dan Effendi (32), mereka tiba di Hong Kong pada tanggal 30 November tahun lalu. Dalam kurun waktu 10 hari, mereka setidaknya telah berhasil menipu 6 BMI Hong Kong (usia antara 20 hingga 40 tahun) di Wanchai, Causeway Bay dan Sham Shui Po.

Kepada korban mereka mengaku tengah tersesat. Dalam percakapannya, mereka menunjukkan batu berwarna kuning dan kelereng yang menurutnya memiliki kekuatan spiritual yang dapat memberikan keuntungan, kesehatan, bahkan dapat meluluhkan hati majikan, seperti dilaporkan Oriental Daily.

Mereka membujuk ke enam korban untuk memberikan uang cash, handphone, perhiasan dan benda benda berharga. Total kerugian mencapai HK$ 40.000 ( US$ 5.123).

Setelah mereka mendapatkan uang dari korban, selanjutnya korban disuruh membeli sabun dan  jarum  untuk keperluan acara ritual. Ketika korban kembali, mereka telah kabur dengan membawa uang dan perhiasan itu.

Polisi berhasil menangkap keduanya setelah salah seorang korban berhasil melacak keberadaan kedua orang tersebut, seperti dilaporkan Asia Times.

Terdakwa meminta keringana hukuman kepada hakim. Romlan mengaku bahwa dia telah menyesal dan merasa malu atas perbuatannya, sedangkan Effendi mengaku dia memiliki tanggungan keluarga yang harus di nafkahi. Di Hong Kong, hukuman maksimal bagi penipu adalah penjara selama 14 tahun. (red/KBMI)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »