Mencuri Uang dari Kartu ATM Majikan, PRT Filipina di Penjara

6:16:00 am

Karya-BMI.com -- Seorang pembantu asal Filipina bernama C.Q.Rovero dijatuhi hukuman dengan 5 tuduhan pada tanggal 4 Juli di pengadilan tinggi Hong Kong. Hakim mengatakan, selama kurun waktu dari 16 Mei gingga 25 Mei tahun ini, Rovero selalu mengambil uang dari ATM majikan ketika dia disuruh membeli makanan dan barang lainnya di supermarket.

Namun, selain mengambil uang untuk membayar barang belanjaan sesuai pesan majikan, sang majikan menemukan bahwa Rovero juga telah mengambil uang dari ATM nya untuk dirinya sendiri.

pada tanggal 16, 20, 22 Mei, Rovero mengambil uang sebesar HK$ 500 setiap kali dia pergi ke Marketplace di Mid Levels. Pada tanggal 24 Mei, dia mengambil HK$ 300 dan pada tanggal 25 Mei dia mengambil HK$ 200 dari kartu ATM itu.

Pada tanggal 25 Mei, majikan mengecek saldo melalui internet banking dan mencocokkan  jumlah penarikan uang dengan struk pembelian barang di supermarket. Majikan menemukan bahwa jumlah uang yang ditarik melebihi jumlah yang tertera dalam tanda bukti pembelian.

Majikan menanyakan hal itu kepada Rovero, dan pekerja Filipina itupun mengakuinya.

Rovero akhirnya diinterminit oleh majikannya dan melaporkan kasus itu kepada polisi. Pada tanggal 5 Juni, Rovero mendatangi kantor polisi di Central untuk menyerahkan diri. Pengacara mengatakan bahwa Rovero telah bekerja pada majikannya selama 8 bulan dengan gaji HK$ 5.000 per bulan.

"Ayahnya meninggal  pada bulan Maret, dan anaknya yang berumur 18 tahun membutuhkan uang untuk biaya ujian" kata hakim Chainrai. Perbuatan ini dilakukannya karena terhimpit oleh keadaan, bukan karena keserakahan. Dia menyerahkan diri dan merasa sangat menyesal. 

Rovero dijatuhi hukuman 3 minggu penjara untuk setiap tuduhan dari kelima tuduhan di atas. Hakim kemudian menurunkannya menjadi 2 minggu penjara. Jaksa penuntut meminta terdakwa untuk memberikan ganti rugi kepada korban, akan tetapi pengacara mengatakan bahwa saat ini terdakwa dalam keadaan tidak memungkinkan untuk membayar ganti rugi mengingat dia telah kehilangan pekerjaannya. [Red/KBMI]


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »