Pemilik Perusahaan Pengiriman TKI Ilegal ke Timur Tengah di Jakarta Timur Berhasi di Tangkap

8:35:00 pm

Karya-BMI.com -- Seorang pemilik perusahaan pengiriman tenaga kerja ilegal ke Timur Tengah ditangkap Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang ( STTPO) subdit 3 DTPU Bareskrim. Tersangka yang bernama Afdel Assagaf itu ditangkap di Summeracon, Tangerang pada hari Minggu (16/7). Tersangka merupakan pemilik, pemimpin dan penanggung jawab  PT Nurafi Ilman Jaya dengan alamat Jalan Ikan Hias, Condet, Jakarta Timur.

Sebelumnya, petugas telah menggeledah lokasi perusahaan itu dan berhasil mengamankan 10 orang CTKI asal Jawa Barat di tempat penampungan itu pada hari Senin (10/7). Kesepuluh orang itu rencananya akan diberangkatkan ke Abu Dhabi dengan pekerjaan di sektor rumah tangga.

Menurut investigasi, korban berasal dari Jawa Barat. Mereka adalah AR (dari Cianjur), An (Cicalengka), MY (Cicalengka), Yu (Cikarang), Nu (Cianjur), Ju (Cianjur), NF (Cipanas), Sus (Cianjur), An (Cianjur) dan Ne (Sukabumi).

Satgas juga mengamankan seorang penjaga penampungan bernama Hera Sulfawati. Kepada penyidik, Hera mengaku selama bekerja di PT Nurafi Ilman Jaya, ia bertugas menjaga penampungan, menyiapkan makanan bagi para calon TKI dan mengantar calon TKI tes kesehatan.

Barang bukti berupa 29 paspor, satu bundel transaksi keuangan atas nama Fadel Assagaf, 46 lembar formulir pendaftaran, satu bundel dokumen PT Nurafu Ilman Jaya dan 10 visa Timur Tengah berhasil disita oleh Satgas.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan, Kemenaker  telah mencabut SIPPTKI pptkis PT Nurafi Ilman Jaya dengan Nomor Keputusan 652 Tahun 2016 tertanggal 30 Desember 2016, jauh sebelum kasus ini terkuak, seperti dilansir dari Tribunews. (red/KBMI)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »