Nekad Hiking Saat Topan Pakhar Melanda, 2 Warga Cina Terjebak di Fei Ngo Shan

11:59:00 pm

Karya-BMI.com -- Dalam waktu 5 hari terakhir, Hong Kong telah dilanda topan dua kali. Dua orang warga Guangdong- Cina, yaitu Li (30) dan Chen ( 47) nekat hiking ke Fei Ngo Shan/ Kowloon Peak pada Sabtu sore meski badan Observatory telah mengeluarkan peringatan akan datangnya angin topan.  Pada pukul 2 sore, mereka berangkat mendaki gunung. Sekitar pukul 4 sore, mereka berangkat  turun gunung, namun tersesat di jalan. Chen terpeleset dan jatuh ke bawah tebing sehingga menderita luka luka di kepala  dan kaki. Dia terjebak di atas tebing yang terjal. Sementara itu  angin berhembus semakin kencang. Li akhirnya memutuskan untuk meminta bantuan kepada polisi.

Pada pukul 7:43 malam, polisi menerima laporan. Sebanyak 160 personil petugas pemadam kebakaran dikerahkan dalam pencarian. Namun karena cuaca yang begitu buruk, dan juga kondisi Chen yang terluka dan tidak bisa berjalan, mereka memerlukan waktu hampir 24 jam untuk membawa korban turun dari gunung.

Proses evakuasi ini memicu kecaman mengenai besarnya biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah hanya untuk menyelamatkan mereka yang nekat hiking dalam kondisi cuaca yang buruk. Diperkirakan biaya yang dikeluarkan senilai HK$ 344.000 dengan rincian pemberangkatan 160 personel selama 10 jam dengan estimasi charge per jam nya HK$ 215 setiap orang.

"Hujan sangat lebat hingga air yang mengalir seperti air terjun, 4 orang petugas membuat tenda menggunakan jas hujan mereka untuk melindungi korban . Cuaca sangat buruk hingga tidak memungkinkan petugas untuk mengirimkan helikopter" kata salah seorang petugas.

Li dan Chen dibawa ke rumah sakit pada Minggu sore dan diperbolehkan pulang pada Senin sore. Keduanya mendapat kritikan pedas oleh netizen sehubungan dengan kejadian ini, di lansir dari Apple daily. [Red/KBMI]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »