Adegan PRTA Saat Menikmati Liburan Dianggap Membahayakan, Menjadi Pembicaraan Hangat Dikalangan Majikan Hong Kong

7:50:00 am
Rock Pools in Sai Kung, the New Territories.
Photo: Google Maps

Karya-BMI.com -- Pada hari Senin (30/10), media sosial facebook dihebohkan dengan beredarnya sebuah video seorang perempuan (diduga pekerja asing) yang memakai hijab dan life jacket terjun ke dalam sebuah kolam dari ketinggian sekitar 10 meter. Kolam bernama Sheung Luk Stream itu berada di Saikung East Country Park, New Territories. Masalahnya, banyak majikan mengkritisi kegiatan  penuh resiko yang dilakukan pekerja mereka pada hari liburnya.


Dari para pengunjung, ada dua orang pekerja Indonesia yang bernama Fitria dan Nita. Kepada Oriental Daily mereka mengatakan bahwa banyak dari teman mereka yang pernah datang ke rtempat itu dan melakukan cliff diving , meskipun di sana telah tertera tanda peringatan untuk tidak terjun ke dalam kolam. Mereka tidak mengambil pelajaran dari kejadian yang menimpa rekan kerja mereka beberapa tahun lalu.

Pada tahun 2014, seorang pekerja Indonesia berusia 32 tahun  hanyut terbawa ombak berketinggian 1,5 meter saat sedang berfoto dengan teman-temannya di Shek O.

Beberapa majikan melakukan komplain melalui online bahwa pekerja mereka menolak untuk tetap berada di rumah saat terjadai  badai tropis. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa dalam situasi seperti itu, khawatir dengan keselamatanm pekerjanya juga tanggung jawabnya  jika terjadi kecelakaan.

Ketua Pengusaha Asosiasi PRT Hong Kong, Betty Yung Ma Shan Yee menyarankan agar para majikan membelikan polis asuransi yang komprehensif untuk pekerja mereka.

Menurut Chan Kam Hua, salah satu netizen Hong Kong, majikan tidak punya kekuasaan untuk membatasi kegiatan pekerja mereka saat hari libur, ataupun memecat mereka jika pekerjanya terluka saat melakukan kegiatan- kegiatan beresiko tinggi. Banyak yang berpendapat bahwa pekerja bebas melakukan apa saja yang mereka mau pada saat hari libur mereka.

Memang kita berhak melakukan kegiatan apa saja pada hari libur kita. Namun tetaplah berhati-hati.Utamakan keselamatan, ingat keluarga kita menanti di rumah. [Red/KBMI]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »