Beberapa Agen Tenaga Kerja di Hong Kong dan Taiwan Terindikasi "Membantu" PRT Bekerja Secara illegal di Cina

9:03:00 pm

Karya-BMI.com -- Sebuah agen tenaga kerja di Cina, baru-baru ini mengaku jika pihaknya bisa membantu para calon tenaga kerja sektor rumah tangga untuk bekerja secara ilegal di Cina dengan bantuan agen-agen dari Hong Kong dan Taiwan.

Sebuah agen tenaga kerja di Cina memasang sebuah pengumuman di sebuah website tentang PRT dari Filipina dan Indonesia dengan  keterangan bahwa majikan harus membayar biaya sebanyak RMB 10.000 (US$  1.507) untuk bisa mengambil salah satu calon tenaga kerja.

Gaji untuk PRT di Cina bisa mencapai RMB 7.000, hampir dua kali lipat gaji PRT di Hong Kong. Seorang staf agen mengatakan bahwa para pekerja itu biasanya datang dari Singapura, Hong Kong dan Taiwan. Mereka bekerja di Cina dengan visa turis, hingga visa mereka habis, para pekerja semuanya bekerja secara ilegal di Cina.

Pihak Konsulat Filipina di Hong Kong, tengah melakukan investigasi terkait komplain dari warganya yang bahwa, mereka telah tertipu beberapa ribu dolar Hong Kong dengan iming-iming akan dijanjikan bekerja di luar negara Hong Kong.

Sementara itu, Chef Executive Hong Kong Carrie Lam mengatakan, pemerintah akan menindak tegas agen-agen tenaga kerja yang membantu para PRT bekerja secara illegal di Cina ataupun negara-negara lainnya. (Asia Times/KBMI)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »