Kejam!! BMI Ini Diberhentikan Kerja oleh Majikan Karena Hamil

9:50:00 pm

Karya-BMI.com -- Seorang BMI yang telah bekerja di Hong Kong selama 13 tahun dimaki-maki lalu dipecat oleh majikannya karena hamil tahun lalu, ungakap sebuah lembaga sosial di Hong Kong.

Anisa (37), telah bekerja pada majikannya yang terakhir selama tiga tahun, pada bulan April 2016 dia mendapati dirinya hamil, kemudian dipecat dari pekerjaannya.

Dilansir dari Reuters, Anisa mencari bantuan kepada lembaga sosial Pathfinders Hong Kong. Setelah melalui negosiasi yang alot, majikannya bersedia untuk memperkerjakan Anisa kembali. Namun kemudian selang beberapa waktu, Anisa melapor bahwa dirinya selalu di maki dan di bully oleh majikannya.

Anisa mengatakan bahwa majikannya memanggilnya dengan sebutan "anjing" dan memperlakukan dia dengan jijik. Dia bahkan pernah disuruh mengangkat empat karung beras saat usia kandungannya memasuki usia tujuh bulan. Pada bulan Oktober 2016, Anisa kembali diberhentikan kerja saat puterinya lahir.

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan di Hong Kong, pekerja rumah tangga berhak mendapat cuti hamil selama 10 minggu jika dia telah bekerja pada majikannya selama 40 minggu atau lebih. Jika majikan memecat pekerjanya karena hamil, maka majikan bisa dikenakan denda sebesar $HK 100.000.

Anisa dan puterinya telah diberi ijin tinggal sementara oleh Imigrasi Hong Kong. Ayah dari bayi itu adalah seorang pencari suaka  (paperan) di Hong Kong yang tidak disebutkan kewarganegarannya.

Wakil direktur PathFinders, Jessica Chow mengatakan kepada HK01 bahwa selama sembilan tahun terakhir tidak lebih dari 10 anak yang dilahirkan oleh pekerja rumah tangga telah diberi hak untuk tinggal di Hong Kong. [Asia Times/KBMI]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »