Reaksi Pro dan Kontra Mayarakat Hong Kong Menyambut Rencana Perubahan Kartu ID

9:11:00 pm

Karya-BMI.com -- Pemerintah Hong Kong berencana untuk memperbarui tampilan kartu ID. Kartu ini akan memiliki beberapa fitur security. Dengan warna dasar pink, biru muda, dan hijau. Sementara foto pemegang ID bergeser ke kiri, dan di sebelah kanan ada stereo laser image. Saat terkena sinar matahari, akan muncul gambar Hong Kong Skyline di belakang kartu.

Seperti dilansir SCMP, sebagian masayarakat Hong Kong menyukai fitur security yang baru pada kartu ID tersebut. Mereka mengatakan kartu yang baru lebih terang dengan foto yang lebih jelas.

Namun, tidak semua menyukai design baru itu (terutama mereka yang menganggap Cina terlalu banyak campur tangan terhadap pemerintahan Hong Kong). Sebagian masyarakat mengatakan bahwa design baru tersebut mirip dengan Home return Permit, sebuah kartu ID yang bisa digunakan masyarakat Hong Kong untuk memasuki Cina.

Mereka mendeskripsikan kartu ID baru itu terlalu "jelek", "terlalu merah", dan "terkesan berbau Cina".

Pemerintah memperkirakan akan menghabiskan dana sekitar HK$ 14.4 miliar untuk menggantikan 8.8 juta kartu ID. Namun yang lebih mengejutkan bagi netizen adalah bukan tentang besarnya biaya yang dikeluarkan pemerintah, mengingat populasi Hong Kong pada pertengahan 2017 berada dibawah angka 7.4 juta.

Pembaharuan kartu ID sendiri akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan, dengan jangka waktu empat tahun untuk menyelesaikannya.(CoconutHK/KBMI)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »