Waspada Kedok Baru Penipuan "New Color for WhatsApp" Yang Membuat Androidmu Banjir Iklan

10:57:00 am
New color whatsapp Merupakan Scam
Karya-bmi.com - Beberapa waktu akhir ini, sejumlah negara telah disibukkan dengan virus WannaCry yang sangat mengancam keamanan data sistem dan pengguna smartphone, kali ini pengguna smartphone Khususnya Android kembali di serang oleh Scam melalui aplikasi Android Yaitu Whatsapp.

Penipuan ini dibuat dan meyakinkan pengguna, agar penampilan dengan desain menarik dan meyakinkan pengguna untuk merubah warna baru dan lebih menarik di aplikasi Whatsapp.

Pesan ini dikirim menggunakan pemendek link yang disebut URL shortener yang di buat dengan server milik hosting terkenal Go Daddy dengan url http://x.co/6lsC9.  yang nantinya shortlink ini akan merujuk ke website http://wp8.link.color.

Apabila  Pengguna WA sudah mengklik URL tersebut dan sampai pada website itu pengguna akan di beri janji-janji yang banyak dan meyakinkan pengguna untuk mengakses fitur tersebut dengan mengundang beberapa kontak minimal 10 kontak yang ada pada WA pengguna dan mensyaratkan untuk bergabung dengan beberapa grub sedikitnya 5 Grub WA, Jika hal itu dilakukan, maka menyebabkan banjir scam New Colors for Whatsapp.

Dampak dari penerima scam ini bisa ringan seperti menerima iklan instalasi aplikasi Fast Cleaner sampai aplikasi Opera Mini, agak mengancam seperti pemberitahuan aplikasi smartphone dalam bahaya dan diarahkan untuk install aplikasi yang diiklankan sampai yang sangat berbahaya seperti tampilnya iklan dewasa dengan konten pornografi.

 Seorang Pemerhati sistem keamanan cyber Alfons Tanujaya dan sebagai pendiri Vaksincom memberikan saran kepada pengguna Whatsapp untuk tidak mudah percaya dan mengklik tautan yang di berikan oleh korban sebelumnya yang berada di kontak korban.

Scam akan datang dalam pesan WhatsApp dari kontak yang Anda kenal dengan tampilan seperti gambar 1 di bawah ini :


Tautan yang diberikan dalam scam tersebut adalah http://x.co/6lsCq yang menurut pantauan Vaksincom merupakan pemendek tautan gratis yang disediakan oleh penyedia layanan Go Daddy.

Tujuan dari penggunaan pemendek tautan/URL Shortener adalah untuk mengantisipasi pemblokiran oleh WhatsApp dimana jika diblokir, maka pembuat scam tinggal membuat URL Shortener baru yang tetap mengarah pada situs penipuan yang telah dipersiapkan Waspadalah Terhadap scam ini. [KOMPAS/KBMI].


Share this

saya merupakan orang yang biasa biasa saja saya mengawali karier dari bawah dan penuh kegagalan..namun semangat yang ada telah membuat saya mampu berdiri sampai saat ini......thanks allah

Related Posts

Previous
Next Post »