Waspada!! Sering Konsumsi Ikan Asin Ini Bisa Menyebabkan Kanker

8:35:00 pm


Karya-BMI.com -- Petugas autority kesehatan Hong Kong mengeluarkan peringatan tentang bahaya kanker yang disebabkan mengkonsumsi ikan asin "chinese style".

Informasi ini diposting di website China Food and Drug Administration yang kemudian di cetak kembali pada akhir Oktober. Kandungan karsinogen dipaparkan oleh International agency Research on Cancer (IARC) dibawah naungan WHO.

Ikan yang diawetkan dengan garam ini dikategorikan dalam karsinogen grup 1, termasuk rokok, alkohol, perokok pasif dan polusi udara. Sejatinya IARC telah mengelompokkan ikan asin ini dalam Karsinogen grup 1 sejak tahun 2012.

Di Hong Kong sendiri, ikan asin ini mengalami harga pasar yang stabil karena menjadi makanan favorit terutama kalangan orang tua. Kepala Hong Kong Nutrition Assosiation, Gordon Cheung Chi Lung memperingatkan masyarakat untuk tidak mengkonsumsi ikan asin.

Gordon mengatakan penggunaan sodium dalam jumlah yang sangat banyak untuk pengawetan ikan ini menghasilkan asam nitrite yang dapat menyebabkan kanker. Dia juga menambahkan bahwa sudah banyak kasus warga yang terkena kanker akibat mengkonsumsi ikan asin, di daerah Cina bagian selatan.

Akan tetapi, para grosir makanan seafood sepertinya tidak begitu terpengaruh dengan peringatan bahaya ikan asin ini. Seorang pemilik toko seafood di Sheung Wan mengatakan bahwa dirinya tidak ada niat untuk mengurangi stok ikan asin yang dijualnya karena permintaan dari pembeli tidak pernah berkurang.(Eji/KBMI)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »