Majikan Mengeluhkan Ketidak Jujuran PRT Mengenai Kondisi Kesehatannya

10:15:00 pm


Karya-BMI.com--Petugas Pengawas Konsumen Hong Kong menerima 182 keluhan terhadap agen Pekerja Rumah Tangga dalam kurun waktu 11 bulan terakhir.

Mereka melaporkan daftar dari permasalahan itu meliputi biaya servis yang tidak wajar ,resume palsu serta pengembalian uang,sepertu dilansir Sky Post.

Dalam sebuah kasus, seorang majikan mengambil pekerja untuk merawat kedua anaknya.Namun setelah tiga hari, pekerja itu memutuskan kontraknya. Agensi menolak untuk mengambalikan uang kepada majikan, akibatnya sang majikan harus menghabiskan uang HK$ 70.000 untuk meminta seorang perawat anak menjaga anaknya hingga dia bisa mengambil PRT baru.

Kasus lain yaitu mengenai seorang PRT setelah dinyatakan fit saat medikal, namun akhirnya tidak bisa melaksanakan tugasnya karena belakangan diketahui hamil.

Chan Kam Fa, juru bicara untuk kelompok yang menyuarakan hak majikan dan pekerja rumah tangga mengatakan bahwa majikan sangat sulit untuk mendapatkan akurasi tentang data yang diberikan oleh agensi seperti kualifikasi, pengalaman kerja serta medical report.

Namun masalah yang paling besar adalah ketika PRT menyembunyikan penyakitnya terhadap majikan.

Chan memaparkan bahwa mereka menerima lima hingga enam komplain setiap tahunnya tentang PRT yang terserang TBC setelah melakukan cek kesehatan di luar negeri.

Seorang majikan bahkan mendapati pekerjanya terkena Syphilis.

Chan mengkritik pemerintah yang dinilai gagal membantu pihak majikan selama proses pengambilan pekerja serta menyarankan kepada mereka untuk berhati-hati dalam memilih agen tenaga kerja.(red/KBMI)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »