Super Moon Terlihat Pada Hari Minggu 3 Desember - KARYA-BMI
loading...

Monday, 4 December 2017

Super Moon Terlihat Pada Hari Minggu 3 Desember

Super Moon Terlihat Pada Hari Minggu 3 Desember

Associated with

Loading...

Karya-bmi.com -- Pada hari Minggu 3 Desember 2017, muncul bulan purnama yang di sebut "Super Moon" di Hong Kong. Dimana banyak para pecinta jepret berusaha mendapatkan poto agar tidak tertinggal momen tersebut.

Direktur ilmu observasi Hong Kong mengungkapkan, peristiwa Super Moon merupakan bukan definisi  berdasarkan ilmu astronomi namun beberapa dekade yang lalu seorang pengamat astronomilah yang menyebutnya sebagai Super Moon,  karena bulan terlihat lebih besar dari biasanya. Dia juga menambahkan bahwa Supermoon Moon akan muncul setiap tahun pada bulan purnama, di mana bulan lebih dekat dengan bumi, hanya sekitar 357.000 km. Secara visual bulan akan nampak 7% lebih besar dari hari biasanya.


Pada umumnya, bulan berputar mengelilingi bumi, dimana titik terjauh orbit bulan dari bumi di sebut Apogee, dan titik terdekat di sebut Perigee. Jarak rata-rata bulan dan bumi adalah 380.000 km namun pada peristiwa Super Moon, bulan akan berada di titik terdekat (Perigee) berjarak sekitar 357.000 km.

Di bulan Oktober hingga Desember 2016, Super Moon muncul di Hong Kong selama 3 bulan berturut-turut. Dan pada 14 November merupakan yang paling besar sejak tahun 1948.

Selain itu, akan ada gerhana di tahun 2018 akan terjadi 3 kali gerhana matahari, dan 2 kali gerhana bulan. Dan gerhana bulan purnama pertama akan jatuh pada 31 Januari. di ikuti pada 28 Juli mendatang. Sedangkan gerhana matahari akan terjadi pada 16 Februari, 13 Juli dan 11 Agustus.  [KBMI]

Loading...

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Recent Post

Loading...