Hal Tabu Di Hari Imlek

Iklan Semua Halaman

Loading...

Hal Tabu Di Hari Imlek

Senin, 04 Februari 2019

Orang China percaya bahwa, apapun yang di lakukan pada awal tahun akan mempengaruhi keberuntungan di tahun yang akan datang. Ada banyak hal yang seharusnya tidak dilakukan.

Secara tradisional banyak hal tabu yang tidak boleh dilakukan, tetapi beberapa tahun terakhir, banyak hal yang dibuang oleh mereka para kalangan modern terutama penduduk perkotaan dan anak muda.

Beberapa hal tabu pada perayaan tahun baru China:

1. Menyeduh Jamu ataupun Obat-obatan. Dianggap tabu karena bila seseorang menyeduh atau meminum jamu di hari pertama tahun baru, maka akan berkelanjutan sakit pada hari selanjutnya ataupun sepanjang tahun. Kecuali yang dalam masa perawatan atau penyembuhan.

2. Menyapu dan membuang sampah pada hari pertama tahun baru. Diyakini, dengan menyapu, kekayaan atau rezeki  akan menjauh. Membuang sampah melambangkan membuang keluar keberuntungan atau nasib baik dari rumah.

3. Makan bubur dan daging saat sarapan. Bubur tidak baik dimakan pada hari pertama, karena di anggap bahwa hanya orang miskin yang memakan bubur untuk sarapan. Dan mereka tidak ingin memulai tahun dengan kemiskinan, karena ini adalah pertanda buruk.
Selain itu daging sebaiknya tidak dimakan saat sarapan, untuk menghormati Buddha dan para Dewa, karena diharapkan semua hadir dan berbahagia bersama mereka di hari raya.

4. Mencuci pakaian dan rambut. Orang-orang China tidak akan mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua, karena kedua hari ini dirayakan sebagai hari kelahiran Dewa Air (水神, soi shan. Rambut tidak boleh dicuci pada hari pertama, karena dalam aksara China Rambut (髮, fat) memiliki kesamaan lafal dengan keberuntungan (發財, fat choi) yang berarti mendapat keberuntungan. Oleh karena itu, dipandang sebagai bukan hal baik "mencuci keberuntungan untuk pergi" pada awal tahun baru.

5. Menggunakan benda tajam, pisau, jarum atau gunting. Harus dihindari untuk menjauhi kecelakaan pada saat menggunakan, sehingga tidak akan terjadi hal buruk pada hari selanjutnya. Karena darah dianggap sebagai pertanda buruk atau kemalangan.

6. Mengunjungi Orang tua bagi anak perempuan yang sudah menikah. Seorang anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan mengunjungi  rumah orang tuanya di hari pertama, karena diyakini akan membawa kesialan dan kesulitan ekonomi. Tradisi anak perempuan mengunjungi orang tuanya ada pada hari kedua di tahun baru.

7. Anak kecil menangis pada hari pertama. Menandakan kesialan akan datang pada hari berikutnya. Sehingga orang tua melakukan apapun untuk menghindarinya agar anak tidak menangis di saat perayaan tahun baru.

8. Mengunjungi atau menjenguk orang sakit di Rumah Sakit. Karena dipercaya akan membawa penyakit saat pulang kerumah, kecuali bila darurat.

9. Meminjamkan uang di hari pertama tahun baru. Bagi mereka tidak akan mengunjungi orang yang berhutang padanya, karena akan mengurangi keberuntungan padanya untuk tahun selanjutnya.

10. Jar/ lumbung beras di rumah kosong.
Hal ini dianggap akan berhenti memasak pada tahun berikutnya, sehingga mereka berusaha mengisi penuh lumbung beras.

11. Memberi hadiah seperti jam yang berarti tidak baik menurut kepercayaan orang Cina.