Kisah Tragis TKI asal Trenggalek Jadi Korban Pembunuhan di Malaysia -->

Iklan Semua Halaman

Kisah Tragis TKI asal Trenggalek Jadi Korban Pembunuhan di Malaysia

Senin, 16 Desember 2019
Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Trenggalek menjadi korban pembunuhan di Serawak, Malaysia. Korban bernama Ilyas Setiawan, warga Desa Parakan, Kecamatan Trenggalek, itu ditemukan tewas di sebuah kebun kelapa sawit.

Setelah ditemukan pada Kamis (5/12/2019) dan melalui sejumlah tahapan pemeriksaan, jenazah Ilyas akhirnya di bawa ke Indonesia atau rumah duka pada Jumat (13/12/2019) malam. Kedatangan jenazah korban diiringi isak tangis keluarga.

Kakak ipar korban, Muhammad Jalil mengatakan, keluarga tidak menyangka bila Ilyas menjadi korban pembunuhan. Keluarganya terakhir kali menghubungi korban satu hari sebelum peristiwa. Korban juga tidak pernah bercerita tentang masalah yang dialaminya selama di Malaysia.
"Tahunya diberitahu polisi bahwa Ilyas menjadi korban pembunuhan di Malaysia," ungkap Jalil.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjutak saat mengikuti prosesi pemakaman TKI yang tewas dibunuh di Malaysia
Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjutak saat mengikuti prosesi pemakaman TKI yang tewas dibunuh di Malaysia
Jalil mengaku pasrah atas kejadian yang menimpa adik iparnya itu. Ia dan keluarga berharap kepolisian Malaysia bisa memberikan hukuman setimpal kepada pelaku yang telah ditangkap.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Trenggalek Nanang Budiarto menambahkan, proses pemulangan jenazah Malaysia tersebut berlangsung lancar dan tidak ada kendala. Begitu mendengar kabar tersebut, mereka langsung berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait, tentang proses pemulangan jenazah.

"Kami berkoordinasi dengan Pemprov Jatim, KJRI hingga kepolisian. Alhamdulillah semua berjalan lancar," jelas Nanang.

Informasi yang didapat, Ilyas ditemukan tewas bersimbah darah dengan luka sayat sepanjang 9 sentimeter pada leher. Dari penyelidikan Kepolisian Diraja Malaysia, pelaku pembunuhan akhirnya ditangkap. Tersangka adalah H, rekan kerja Ilyas yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pembunuhan dipicu persoalan giliran memasak di tenda pekerja kebun sawit.

Ratusan warga juga datang mengikuti prosesi pemakaman TKI asal Trenggalek yang jadi korban pembunuhan di Malaysia Ratusan warga juga datang mengikuti prosesi pemakaman TKI asal Trenggalek yang jadi korban pembunuhan di Malaysia
Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjutak yang juga hadir dalam prosesi pemakaman Ilyas bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Trenggalek.
Calvijn menjelaskan, kedatangan warga dan forkopimda menunjukkan sikap gotong royong serta tenggang rasa yang sangat tinggi
"Kesedihan ini turut dirasakan oleh semua masyarakat yang datang," ujarnya.

"Kami mewakili Forkopimda Trenggalek turut berduka cita. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas doa dan dukungannya untuk almarhum dan keluarganya," tutur Alumnus AKPOL tahun 1999 ini.